Butuh Bantuan? Customer Service Rifana Kediri 089635377444 siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Branding Perusahaan vs. Branding Produk

Branding Perusahaan vs. Branding Produk

Ditulis pada: 4 June 2021 | Kategori:

TERKAIT
Apa Itu Merchandising Berfokus Penjualan?
Tujuan Pemasaran Berbasis Nilai
Keuntungan Branding dan Periklanan Global
Kesalahpahaman Tentang Branding
Cara Terbaik Perusahaan Dapat Membangun & Mengelola Campuran Produk & Garis Produknya
Ketika kita berbicara tentang branding produk, kita berbicara tentang pemasaran produk tertentu tanpa menjadikan fokus pemasaran perusahaan. Produk berada di bagian depan dan tengah semua kampanye periklanan dan pemasaran, dan merek perusahaan hanya bersifat kebetulan saja. Definisi branding perusahaan sedikit lebih luas dari itu. Ketika kita berbicara tentang branding perusahaan atau perusahaan, _ kita berbicara tentang pemasaran berbagai macam produk dan layanan atas nama perusahaan yang menawarkannya.

Anda dapat menggunakan branding perusahaan atau branding produk sebagai strategi pemasaran Anda. Setiap jenis strategi pemasaran memiliki hasil tersendiri dan cocok untuk situasi yang berbeda.

 

Bagaimana Mengidentifikasi Jenis Branding
Bergantung pada jenis pelabelan yang terjadi, Anda dapat mengetahui jenis pencitraan merek yang terjadi. Jika produk diberi label sendiri, maka itu adalah bentuk branding produk yang paling murni dan dikenal sebagai branding yang berdiri sendiri. Jika nama korporasi digunakan dalam pelabelan, maka ini adalah bentuk branding perusahaan yang paling murni dan dikenal sebagai branding monolitik.

Ketika pelabelan menyertakan nama merek individu untuk produk dan nama merek untuk perusahaan, maka merek adalah campuran merek perusahaan dan produk dan dikenal sebagai merek ganda atau merek yang didukung.

Melihat Lebih Dekat pada Branding Produk
Ada banyak contoh perusahaan di luar sana yang menggunakan pemasaran merek produk sebagai strategi pemasaran utama mereka. Yang paling populer dalam hal ini termasuk nama-nama besar seperti Procter and Gamble dan Unilever.

Untuk perusahaan semacam itu, nama produk jauh lebih menonjol daripada nama perusahaan. Ambil Unilever, misalnya. Mereka menjual berbagai macam produk, dari produk rumah tangga hingga produk kecantikan dan perawatan pribadi. Masing-masing produk ini memiliki brandingnya sendiri-sendiri. Beberapa yang paling populer sebenarnya memiliki situs web dan halaman media sosial khusus. Mereka bahkan datang dengan logo dan simbol mereka sendiri, belum lagi slogan dan slogan iklan.

Perusahaan induk jarang disebutkan di mana pun dalam produk kecuali mungkin secara tidak jelas pada labelnya. Banyak orang terkejut mengetahui bahwa beberapa produk termasuk dalam keluarga produk Unilever karena mereka tidak pernah mendengarnya disebutkan dalam materi pemasaran produk tersebut.

Melihat Lebih Dekat pada Corporate Branding
Corporate branding sedikit lebih mencakup daripada branding produk. Daripada berbicara tentang satu produk atau layanan, di sini merek mewakili seluruh perusahaan dan reputasi perusahaan itu. Perusahaan mungkin memiliki banyak layanan dan produk berbeda untuk ditawarkan. Semuanya dapat dipasarkan dengan merek korporat yang sama kepada konsumen, jika merek tersebut membangkitkan perasaan yang benar di antara konsumen – seperti rasa percaya dan harapan akan kualitas tinggi.

Ada juga berbagai contoh strategi branding perusahaan yang benar-benar membedakan perusahaan dari branding produk. Misalnya, tanggung jawab sosial perusahaan, atau CSR, adalah salah satu contoh strategi yang mempromosikan merek perusahaan, daripada merek produk.

Ketika sebuah perusahaan mendukung beberapa amal atau tujuan publik, itu memisahkan dirinya dari produknya dan mengumumkan nilai umumnya sendiri. Pensponsoran untuk berbagai program olahraga dan televisi juga sangat efektif untuk branding perusahaan, membantu menempatkan merek perusahaan di peta. Strategi semacam itu tidak pernah memasarkan produk individual yang ditawarkan oleh merek.

Perbedaan Antara Branding Perusahaan dan Branding Produk
Untuk membantu membedakan keduanya, ada beberapa perbedaan yang lebih jelas antara merek perusahaan dan merek produk: pesan, merek lintas sektor, merek jangka panjang versus jangka pendek, dan audiens target. Mari kita lihat masing-masing perbedaan ini secara bergantian.

Pesan Umum Vs Khusus
Saat Anda menggunakan branding perusahaan, Anda memerlukan pesan umum. Karena merek tersebut mencakup seluruh perusahaan, merek tersebut perlu menangkap semua yang diperjuangkan oleh perusahaan Anda. Ini perlu menangkap semangat perusahaan Anda dalam materi pemasaran Anda. Pesan pemasaran branding perusahaan tidak hanya harus kuat tetapi juga tersebar luas untuk pelanggan dan pemangku kepentingan Anda.

Saat Anda menggunakan branding produk, pesannya menjadi lebih sempit. Anda ingin merek Anda memuji kualitas produk Anda. Anda juga ingin merek produk Anda menonjol dari produk serupa lainnya di pasar. Apa pun yang Anda inginkan, fokus branding Anda pada akhirnya adalah produk. Produk adalah pusat upaya pemasaran Anda.

Kemungkinan Branding di Seluruh Sektor
Ketika Anda menggunakan branding perusahaan sebagai strategi pemasaran Anda, Anda memiliki kesempatan untuk mempresentasikan merek Anda di banyak sektor yang berbeda. Tentu saja, sebagai permulaan, perusahaan Anda mungkin menawarkan produk di berbagai sektor. Dalam hal ini, kepribadian merek korporat cukup kuat sehingga mudah untuk disajikan ke berbagai sektor pasar dan tetap mendapatkan daya tarik pada kampanye pemasaran Anda. Saat Anda melakukan ini, Anda mengizinkan perusahaan Anda untuk tumbuh di banyak sektor berbeda pada saat yang sama, menjadikannya lebih kuat sebagai hasilnya.

Dengan branding produk, ceritanya sedikit berbeda. Sangat jarang suatu produk menjangkau banyak sektor yang berbeda sekaligus. Oleh karena itu, pemasaran Anda harus difokuskan pada satu sektor pada satu waktu; sektor yang terkait dengan produk tertentu itu. Jika Anda menawarkan berbagai produk, dan Anda ingin menggunakan branding produk pada semuanya, Anda cukup menjalankan beberapa kampanye pemasaran di berbagai sektor.

Satu Jangka Panjang, Sedangkan Yang Lain Jangka Pendek
Salah satu area di mana perbedaan merek benar-benar terlihat adalah dalam durasi kampanye pencitraan merek. Dengan merek korporat, Anda ingin reputasi perusahaan Anda tumbuh ke arah tertentu dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, penting agar reputasi Anda tetap stabil dari waktu ke waktu. Artinya, konsumen akan terbiasa dengan merek Anda. Jika Anda terus mengubah identitas merek perusahaan Anda, Anda dapat dengan mudah merusak apa yang diperjuangkannya. Satu-satunya langkah yang harus Anda ambil adalah yang membantu Anda tetap relevan.

Di sisi lain, dengan branding produk, pentingnya adalah untuk berubah dan berkembang seiring dengan pasar. Oleh karena itu, Anda dapat menyegarkan dan merevisi merek produk Anda sesering yang diminta pasar.

Audiens Sasaran Berbeda
Branding perusahaan memiliki khalayak yang sangat luas. Ini menargetkan konsumen, tetapi juga menargetkan orang lain, seperti pemegang saham dan pemangku kepentingan. Terkadang bahkan menargetkan pemerintah. Sedangkan product branding hanya menargetkan konsumen.

Saat Anda mempromosikan merek produk, Anda hanya mencari cara agar merek tersebut menarik bagi konsumen. Saat Anda mempromosikan merek perusahaan, Anda akan memikirkan tentang berbagai kelompok kepentingan dan cara menarik semuanya.

Corporate Branding Menggantikan Branding Produk
Branding perusahaan sangat penting dalam hal menciptakan kepercayaan pada perusahaan Anda dan kemudian mempertahankan kepercayaan itu. Karyawan Anda pasti ingin tahu apa pesan perusahaan Anda dan idealnya itu harus menjadi sesuatu yang memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras dan juga memenuhi cita-cita merek sehingga mereka dapat menyampaikannya kepada konsumen.

Meskipun produk akhirnya dibeli oleh konsumen, pentingnya branding perusahaan tidak bisa dilebih-lebihkan. Jika Anda ingin sukses di dunia modern, Anda perlu mengembangkan merek korporat yang dapat dipercaya, bermakna, dan yang terpenting, kuat.

Manfaat Masing-Masing
Ada banyak penghargaan berbeda yang dapat diperoleh bisnis yang berbeda dari setiap strategi pemasaran sendiri atau dengan menggabungkan keduanya menjadi pendekatan pemasaran ganda atau bersponsor.

Ketika sebuah perusahaan memiliki merek yang kuat, apakah itu merek perusahaan atau merek produk, maka itu mudah dikenali, dan itu menumbuhkan kepercayaan orang pada merek tersebut. Mereka menjadi lebih setia sebagai hasil dari kepercayaan itu, dan itu berarti mereka kemungkinan besar akan memilih merek tersebut berulang kali. Mereka menjadi pelanggan tetap. Karena bisnis sudah memiliki keunggulan di ceruk tertentu itu, ia memiliki ruang untuk menaikkan harga pada produk lain yang ditawarkannya.

sablon gelas plastik kediri
sablon gelas plastik surabaya
sablon gelas plastik jombang
sablon gelas plastik tulungagung
sablon gelas plastik trenggalek
sablon gelas plastik nganjuk
sablon gelas plastik mojokerto
sablon gelas plastik blitar
sablon gelas plastik madiun
sablon gelas plastik ponorogo

Branding Perusahaan vs. Branding Produk | Rifana Sablon Gelas Plastik

Tags: biaya branding perusahaan, branding awareness perusahaan, branding dalam pemasaran, branding nama perusahaan, Branding Perusahaan, branding perusahaan adalah, branding perusahaan di jakarta, branding perusahaan it, branding perusahaan jasa, branding perusahaan pdf, cara branding perusahaan, contoh branding perusahaan, contoh branding perusahaan jasa, desain branding perusahaan, digital branding perusahaan pembiayaan, employer branding di perusahaan, employer branding pada perusahaan, harga branding perusahaan, manfaat branding bagi perusahaan, media branding perusahaan, meningkatkan branding perusahaan, pentingnya branding bagi perusahaan, pentingnya branding dalam perusahaan, pentingnya personal branding bagi perusahaan, personal branding perusahaan, perusahaan branding di bandung, perusahaan branding di indonesia, perusahaan branding di surabaya, perusahaan branding jakarta, perusahaan keluarga branding, perusahaan konsultan branding, proses branding perusahaan

Artikel Rifana

Merancang dan Membuat Label Produk Anda

Ditulis pada: 17 June 2021

Istilah “label produk” mengacu pada informasi, dalam teks atau grafik, atau keduanya, yang dicetak pada kemasan eksternal produk Anda, pada selembar kertas perekat atau plastik yang ditempelkan pada produk Anda, atau pencetakan dilakukan pada wadah produk itu sendiri. Tujuan utama... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Label Produk yang Menarik Perhatian dan Menjual Produk Anda

Ditulis pada: 16 June 2021

Menurut survei yang dilakukan pada pengemasan dan pelabelan produk: 59% konsumen mengatakan bahwa mereka selalu membaca label produk sebelum membeli produk untuk pertama kalinya 60% konsumen cenderung membeli produk yang labelnya berisi informasi yang tidak mencukupi 90% konsumen lebih cenderung... Baca selengkapnya »

Bagaimana Mendesain Label Produk yang Meningkatkan Identitas Merek Anda

Ditulis pada: 15 June 2021

Tidak mengherankan jika produk Anda sangat penting. Namun, cara pengirimannya ke pasar menjadi semakin relevan bagi konsumen. Bahkan bisnis kecil pun bisa mendapatkan keuntungan dari ekspresi identitas merek yang unik dan mudah diingat. Salah satu cara untuk menyegarkan tampilan penawaran... Baca selengkapnya »

Cara Membaca Label Makanan Tanpa Tertipu

Ditulis pada: 13 June 2021

Konsumen lebih sadar kesehatan daripada sebelumnya, jadi beberapa produsen makanan menggunakan trik yang menyesatkan untuk meyakinkan orang agar membeli produk yang diproses dan tidak sehat. Peraturan pelabelan makanan itu rumit, sehingga konsumen lebih sulit memahaminya. Artikel ini menjelaskan cara membaca... Baca selengkapnya »