Butuh Bantuan? Customer Service Rifana Kediri 089635377444 siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Branding: apa itu, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membantu meningkatkan bisnis Anda atau persepsi layanan Anda

Branding: apa itu, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membantu meningkatkan bisnis Anda atau persepsi layanan Anda

Ditulis pada: 7 June 2021 | Kategori:

Kami akan menjelajahi:

Apa yang kami maksud dengan merek dan merekBagaimana web telah mengubah hubungan dengan pelangganBagaimana branding dapat membantu bisnis AndaBahan utama dari setiap merek yang baikBagaimana mengkomunikasikan, mengelola dan mengembangkan identitas merek AndaBranding untuk sektor pasar yang berbedaHubungan antara desain dan branding
Apa yang kami maksud dengan kata merek?
Kata-kata merek dan merek dilontarkan secara bebas oleh semua jenis orang dalam konteks yang berbeda dan dengan arti yang berbeda dalam pikiran, jadi mungkin membantu untuk memulai dengan bertanya: apa sebenarnya merek itu?

Jawaban paling sederhana adalah bahwa merek adalah sekumpulan asosiasi yang dibuat seseorang (atau sekelompok orang) dengan perusahaan, produk, layanan, individu, atau organisasi.

Pengaitan ini mungkin disengaja – yaitu, mungkin secara aktif dipromosikan melalui pemasaran dan identitas perusahaan, misalnya – atau mungkin berada di luar kendali perusahaan. Misalnya, ulasan pers yang buruk untuk produk baru dapat membahayakan merek produsen produk secara keseluruhan dengan menempatkan asosiasi negatif dalam benak orang.

 

Untuk mengilustrasikan ide, mari kita lihat produk – atau merek – paling terkenal di dunia: Coca-Cola.

Meskipun pada dasarnya hanya produk minuman ringan, minuman Coca-Cola dikalahkan oleh kekuatan merek Coca-Cola. Fenomena ini paling baik diringkas dengan kutipan berikut dari seorang eksekutif Coca-Cola:

Jika Coca-Cola kehilangan semua aset terkait produksinya dalam suatu bencana, perusahaan tersebut akan bertahan. Sebaliknya, jika semua konsumen tiba-tiba kehilangan ingatan dan melupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan Coca-Cola, perusahaan akan bangkrut.

Coca-Cola Executive
Dalam survei tahun 2007 tentang nilai merek global oleh agensi merek Interbrand, ekuitas merek Coca-Cola bernilai US $ 65,3 miliar, hanya di bawah setengah dari nilai pasar sebenarnya perusahaan.

Jadi apa asosiasi yang sangat kuat ini? Bagi Coca-Cola, persepsi umum mungkin adalah minuman cola asli (‘The Real Thing’), resepnya rahasia dan tak tertandingi, semuanya Amerika atau mungkin global, awet muda, energik, menyegarkan, dan lain-lain. di. Asosiasi visual mungkin termasuk logo merah dan putih yang jelas dan warna korporat, atau bentuk dan warna unik dari botol kaca asli.

Ini sebagian besar adalah asosiasi merek yang positif, tetapi mungkin juga ada yang negatif. Misalnya, Coca-Cola dapat dilihat sebagai tidak sehat, atau sebagai simbol imperialisme global oleh merek Amerika. Apa yang dilihat sebagai asosiasi positif bagi beberapa mungkin tidak menyenangkan bagi orang lain dan persepsi negatif dapat melekat pada identitas merek bahkan jika perusahaan berusaha untuk menampilkan karakter yang berbeda.

Tentu saja, merek tidak terbatas pada kategori makanan dan minuman. Jika sebuah merek hanyalah sekumpulan asosiasi, maka hampir semua hal dapat dikatakan memiliki merek, bahkan individu – pikirkan Simon Cowell atau Gordon Ramsay.

Faktanya, merek Ramsay sendiri sangat kuat, sehingga pada tahun 2007 ia mengandalkan kampanye iklan besar-besaran oleh Gordon’s Gin. Dia dipilih bukan hanya karena namanya, tetapi karena hubungannya dengan kualitas dan eksklusivitas mencerminkan nilai merek produsen minuman itu sendiri.

Contoh terkenal lainnya dari merek terkenal termasuk Toyota, British Airways, Tate, Amazon, Save the Children, Burberry, HMRC atau bahkan London. Dari layanan hingga kota, produk hingga publikasi, masing-masing membawa sekumpulan asosiasi yang kuat di benak banyak orang.

Apa itu branding?
Jika sebuah merek dihasilkan dari sekumpulan asosiasi dan persepsi dalam benak orang, maka pencitraan merek adalah upaya untuk memanfaatkan, menghasilkan, memengaruhi, dan mengontrol asosiasi tersebut untuk membantu bisnis agar berkinerja lebih baik. Setiap organisasi dapat memperoleh keuntungan yang sangat besar dengan menciptakan merek yang menampilkan perusahaan sebagai atribut yang khas, tepercaya, menarik, dapat diandalkan, atau atribut apa pun yang sesuai dengan bisnis itu.

Meskipun kontrol mutlak atas merek tidak dimungkinkan karena pengaruh luar, penggunaan desain, periklanan, pemasaran, proposisi layanan, budaya perusahaan, dan sebagainya secara cerdas dapat sangat membantu untuk menghasilkan asosiasi dalam benak orang yang akan menguntungkan organisasi. Di sektor industri yang berbeda aspek audiens, pesaing, pengiriman dan layanan dari branding mungkin berbeda, tetapi prinsip dasar untuk menjelaskan tentang apa yang Anda perjuangkan selalu berlaku.

Bagaimana merek berubah
Dalam beberapa tahun terakhir, revolusi komunikasi digital telah sepenuhnya mengubah keseimbangan kendali ini. Suara konsumen menjadi lebih lantang dan lebih umum. Konsumen dapat mempublikasikan pengalaman mereka terhadap suatu merek dan membandingkannya dengan pengalaman orang lain. Kemampuan suatu merek untuk menanggapi hal ini dapat memiliki pengaruh yang besar pada cara mereka dipersepsikan. Ini juga memengaruhi jenis merek yang mencapai keunggulan. Bahkan terdapat pasar yang berkembang pesat untuk merek yang strategi utamanya adalah memperjuangkan suara konsumen, Tripadvisor adalah salah satu yang paling terkenal (atau terkenal tergantung sudut pandang Anda).

Mari kembali ke Coca-Cola sebentar. Setelah 13 tahun mendominasi pada tahun 2013, mereka terlempar dari posisi teratas dalam daftar berpengaruh Interbrand dari 100 merek global terkemuka. Kedua merek yang menyusulnya menunjukkan cara dunia berubah. Di nomor satu adalah Apple, dan di nomor dua – Google. Kedua perusahaan tersebut berakar pada inovasi teknologi, tetapi mungkin yang lebih penting kedua merek yang berfokus pada penyediaan produk dan layanan, yang membuat hidup masyarakat lebih mudah.

Transformasi Apple dari produsen komputer menjadi raksasa media tidak terjadi hanya karena diperkenalkannya iPod dan iPhone. Itu terjadi karena mereka mengembangkan layanan baru yang revolusioner seputar produk tersebut – iTunes dan App Store. Mereka berpikir keras tentang pelanggan mereka dan apa yang akan membuat hidup mereka lebih mudah. Sementara Google telah mulai mengembangkan produk perangkat keras, mereknya berakar pada layanan pencariannya yang sangat populer.

Kedua merek tersebut sangat berfokus pada pelanggan, dan branding yang hebat serta perilaku responsif memungkinkan mereka membangun jenis koneksi yang tepat dengan pelanggan untuk berkembang. Meskipun dikalahkan oleh dua raksasa teknologi pada bagan tersebut, Coke juga terus menggunakan pengaruh mereknya untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan orang-orang yang dituntut lanskap komunikasi saat ini. Contoh yang bagus dari itu adalah kampanye ‘Share a Coke’ yang mereka luncurkan pada Musim Panas 2013, yang memungkinkan orang untuk membeli sebotol Coke dengan nama mereka.

Mengapa Anda membutuhkan merek?
Pencitraan merek dapat membantu Anda menonjol dari pesaing Anda, menambah nilai pada penawaran Anda, dan terlibat dengan pelanggan Anda.

Menciptakan perbedaan
Pencitraan merek adalah cara untuk dengan jelas menyoroti apa yang membuat penawaran Anda berbeda, dan lebih diinginkan daripada, orang lain. Branding yang efektif mengangkat produk atau organisasi dari hanya satu komoditas di antara banyak komoditas identik, menjadi sesuatu dengan karakter dan janji unik. Ini dapat menciptakan resonansi emosional di benak konsumen yang memilih produk dan layanan menggunakan penilaian emosional dan pragmatis.

Mentega Organik Rachel, misalnya, memilih warna hitam untuk desain kemasannya sehingga menonjol dari warna kuning, emas, dan hijau yang khas (mewakili sinar matahari dan ladang) yang digunakan oleh produk pesaing. Hasilnya adalah merek tersebut tampak lebih premium, khas, dan bahkan mungkin lebih berani daripada para pesaingnya.

Menambah nilai
Orang pada umumnya bersedia membayar lebih untuk produk bermerek daripada untuk sesuatu yang sebagian besar tidak bermerek. Dan merek juga dapat diperluas melalui berbagai macam penawaran.

Tesco, misalnya, memulai hidup sebagai supermarket ekonomi dan sekarang menjual berbagai macam produk, mulai dari furnitur hingga asuransi. Tetapi penerapan atribut merek Tesco yang konsisten, seperti kemudahan akses dan harga murah, telah memungkinkan bisnis untuk pindah ke sektor pasar baru tanpa mengubah identitas merek intinya.

Ini jelas menambah nilai pada bisnis, tetapi konsumen juga melihat nilai tambah dalam layanan baru berkat asosiasi mereka yang sudah ada dengan merek Tesco. Tentu saja, ini juga dapat bekerja sebaliknya: jika konsumen tidak menyukai merek Tesco di satu area produk, mereka cenderung tidak memilih penawaran perusahaan di area produk lain.

Berhubungan dengan orang-orang
Menciptakan hubungan dengan orang-orang penting untuk semua organisasi dan merek dapat mewujudkan atribut yang akan membuat konsumen merasa tertarik.

Peluncuran asli Apple dari iPod, misalnya, melambungkan perusahaan dari bisnis komputer ke merek hiburan pasar massal, dengan pemasaran iPod yang sangat menarik hubungan emosional orang dengan musik mereka.

Dengan beralih ke musik dan film, Apple mendefinisikan ulang apa yang dilakukan perusahaan dan mengalihkan asosiasi mereknya ke sesuatu yang menghubungkan dengan lebih banyak orang di luar komputasi atau komunitas kreatif. Mereka melanjutkan pergeseran ini dengan memperkenalkan iPhone, iPad, dan App Store yang membawa komputasi portabel dan perangkat lunaknya ke dalam budaya konsumen arus utama. Dengan demikian, merek menjadi semakin terjalin dalam kehidupan konsumen, menjadikannya sangat kuat.

Bahan utama dari merek apa pun
Pada bagian ini kami menguraikan empat landasan dari merek yang bagus menggunakan contoh dari dunia bisnis.

Mendefinisikan merek Anda
Jika Anda berpikir tentang cara mengubah merek bisnis Anda, produk atau layanannya, atau jika Anda ingin menilai posisi merek Anda saat ini, ada beberapa aspek utama yang harus Anda pertimbangkan:

Ide besar – apa yang ada di jantung perusahaan Anda? Nilai – apa yang Anda yakini? Visi – kemana tujuan Anda? Kepribadian – bagaimana Anda ingin tampil?
Jika Anda dapat mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jelas dan konsisten, maka Anda memiliki dasar untuk mengembangkan merek yang kuat.

Mari kita bahas masing-masing ini secara bergantian.

Ide besar
Ide besar mungkin merupakan tujuan umum untuk perusahaan atau layanan Anda. Itu harus merangkum apa yang membuat Anda berbeda, apa yang Anda tawarkan, mengapa Anda melakukannya, dan bagaimana Anda akan mempresentasikannya. Bahan lainnya sedikit lebih spesifik, tetapi semuanya harus didasarkan pada ide besar.

Ide besar juga merupakan konsep pemersatu yang dapat menyatukan serangkaian aktivitas yang berbeda. Idealnya, ini akan menginformasikan semua yang Anda lakukan, besar atau kecil, termasuk layanan pelanggan, periklanan, formulir pemesanan situs web, seragam staf, identitas perusahaan, mungkin sampai ke mesin penjawab pesan Anda.

Untuk menemukan ide besar Anda sendiri, Anda perlu melihat dengan cermat bisnis Anda sendiri dan pasar di sekitar Anda, menanyakan jenis pertanyaan berikut:

Bagaimana Anda bisa menonjol? Apa penawaran Anda? Apa yang membuat Anda berbeda? Apa ‘kepribadian’ Anda? Apa yang diinginkan atau dibutuhkan konsumen? Apakah ada celah di pasar?
Untuk membantu proses ini, biasanya sangat membantu untuk mendapatkan perspektif luar tentang berbagai hal juga, jadi pertimbangkan untuk bekerja dengan konsultan manajemen, konsultan pengembangan bisnis, atau konsultan desain.

Setelah diputuskan, artikulasi ide-ide ini dapat diterapkan melalui teknik branding seperti desain, periklanan, acara, kemitraan, pelatihan staf, dan sebagainya. Aktivitas inilah yang menyiapkan pemahaman dan harapan konsumen terhadap perusahaan Anda; dengan kata lain, mereknya. Dan setelah Anda menyiapkan ‘janji’ merek ini, yang paling penting adalah memastikan bahwa produk dan layanan Anda secara konsisten memenuhi itu.

IKEA: ide besar
IKEA adalah contoh yang baik dari perusahaan dengan ide besar. Mereknya didasarkan pada gagasan bahwa desain yang bagus adalah untuk semua orang, bukan hanya desain sombong. Kampanye sebelumnya telah mendesak kami untuk ‘membuang chintz’ dan menyesuaikan rumah kami dengan furnitur dan produk yang dirancang dengan baik dengan harga terjangkau.

Pencitraan merek mereka memainkan ide sentral dari demokratisasi desain ini. Dalam beberapa tahun terakhir mereka telah membuat iklan yang menampilkan pesta rumah di rumah IKEA, kampanye di mana pelanggan dapat muncul di sampul depan katalog IKEA mereka sendiri dan pada tahun 2013 mereka menunjukkan komitmen mereka untuk menyediakan desain di mana saja bahkan untuk ruang terkecil dengan IKEA terkecil simpan di dunia.

Di toko, produk diberi nama individu dan pelanggan menumpuk troli mereka sendiri dari gudang (sementara itu menghemat uang IKEA). Ini semua sesuai dengan gagasan bahwa Anda tidak membutuhkan spesialis, pengetahuan istimewa untuk keluar dan membeli desain yang bagus.

Penglihatan
Menghasilkan visi untuk perusahaan Anda berarti memikirkan masa depan, di mana Anda ingin berada, mencari cara untuk menantang pasar atau mengubah suatu sektor. Sebuah visi mungkin besar dan berskala besar, atau mungkin sesederhana menawarkan produk yang ada dengan cara yang benar-benar baru, atau bahkan mengubah penekanan bisnis Anda dari satu area inti ke area inti lainnya.

Meskipun visi perusahaan dan pernyataan misi sering kali tampak seperti diktum kosong dari manajemen puncak, visi yang dipertimbangkan dengan baik dapat membantu Anda menyusun beberapa masalah yang lebih praktis dalam menerapkan strategi pengembangan ke dalam tindakan. Jika Anda jelas tentang apa yang Anda tuju, jelas lebih mudah untuk menempatkan struktur pada tempatnya untuk sampai ke sana.

Microsoft: visi
Contoh visi dalam skala besar berasal dari ketua Microsoft Bill Gates, yang tahu persis kemana dia akan pergi dengan perusahaannya bahkan di masa-masa awal:

Kami memulai dengan visi komputer di setiap meja dan di setiap rumah… setiap hari, kami menemukan cara baru bagi teknologi untuk meningkatkan dan memperkaya kehidupan orang-orang. Kami benar-benar baru saja memulai

Bill Gates, Pimpinan Microsoft
Dan ini berasal dari sebuah perusahaan yang sampai tahun 2013 belum pernah benar-benar membuat komputer. Visinya terletak pada melihat ke mana arah pasar dan menanyakan ke mana Anda ingin berada: dalam hal ini, menyediakan perangkat lunak operasi untuk komputer yang ada di kantor dan rumah di seluruh dunia.

Merek Microsoft yang dihasilkan terkait erat dengan komputasi. Sebagian besar PC dilengkapi dengan Windows sebagai standar, meskipun perangkat keras komputer dapat dijalankan dengan sejumlah sistem operasi yang berbeda.

Nilai
Seperti kata merek itu sendiri, istilah nilai merek mungkin digunakan secara berlebihan dalam lingkaran desain dan pemasaran, tetapi istilah ini berkaitan dengan aspek penting tentang cara orang melihat organisasi Anda. Itulah yang Anda perjuangkan dan dapat dikomunikasikan baik secara eksplisit maupun implisit dalam apa yang Anda lakukan. Tetapi menanamkan merek perusahaan Anda dengan sekumpulan nilai itu rumit karena sejumlah alasan.

Pertama, setiap orang ingin jenis nilai yang sama dikaitkan dengan bisnis mereka. Sebuah survei oleh The Research Business International (sekarang bagian dari Synovate) menemukan bahwa sebagian besar perusahaan berbagi sepuluh nilai yang sama, yaitu: kualitas, keterbukaan, inovasi, tanggung jawab individu, keadilan, rasa hormat terhadap individu, pemberdayaan, semangat, fleksibilitas, kerja tim dan kebanggaan. .

Kedua, tidak mudah untuk mengomunikasikan nilai: pemasaran terbuka mungkin tampak tidak jujur, sementara tidak mengomunikasikan nilai Anda dengan cara apa pun dapat mengakibatkan orang tidak melihat apa yang Anda perjuangkan. Dan terakhir, nilai apa pun yang Anda gambarkan harus asli dan dijunjung tinggi dalam cara organisasi Anda beroperasi. Konsultan merek dan desain dapat membantu Anda mengklarifikasi apa yang diperjuangkan oleh organisasi atau bisnis Anda dan kemudian mereka dapat mengembangkan cara bagi Anda untuk mengkomunikasikannya secara efektif. Ini mungkin melalui desain grafis, bahasa, periklanan, pelatihan staf, materi yang digunakan dalam pembuatan produk, dan sebagainya.

Konsultan merek dan desain dapat membantu Anda mengklarifikasi apa yang diperjuangkan oleh organisasi atau bisnis Anda dan kemudian mereka dapat mengembangkan cara bagi Anda untuk mengkomunikasikannya secara efektif. Ini mungkin melalui desain grafis, bahasa, periklanan, pelatihan staf, materi yang digunakan dalam pembuatan produk, dan sebagainya.

Pret A Manger: nilai
Pret A Manger berperan besar dalam menilai makanan segar dan meminimalkan pemborosan. Jadi, semua makanannya dibuat di lokasi setiap pagi (tanpa tanggal penjualan) dan sisa makanan di penghujung hari akan diberikan kepada badan amal dan tempat penampungan tunawisma.

Dengan cara ini perusahaan telah menetapkan nilai dan telah mengikutinya dengan cara menjalankan layanannya.

Burberry: menemukan kembali nilai-nilai
Burberry adalah contoh merek yang untuk sementara kehilangan nilai intinya dan mulai berkinerja buruk.

Awalnya produsen jas hujan mewah itu telah menjadi dekat di mana-mana. Cek Burberry yang terkenal muncul di segala hal mulai dari kalung anjing hingga kaos. Konsistensi merek telah hilang, dengan pelanggan di seluruh dunia mendapatkan pengalaman yang berbeda. Pada tahun 2006, CEO baru Angela Ahrendts membawa kemewahan kembali ke agenda, menunjuk satu direktur kreatif untuk mengawasi merek di seluruh dunia dan dengan kejam memotong bagasi yang mulai menempel pada merek yang mengurangi lini produk kembali ke kemewahan, tinggi akhir pasar. Ditambah dengan penggunaan teknologi baru yang kreatif dan dipertimbangkan, ini telah menghasilkan pendapatan perusahaan yang meningkat dari $ 1190 juta pada tahun 2006 menjadi lebih dari $ 3000 juta pada tahun 2012.

Kepribadian
Setelah Anda menetapkan ‘ide besar’, visi, dan nilai Anda, mereka dapat dikomunikasikan kepada konsumen melalui berbagai saluran. Cara Anda memutuskan untuk menyampaikan komunikasi ini – nada, bahasa, dan desain, misalnya – dapat dikatakan sebagai kepribadian perusahaan Anda.

Ciri-ciri kepribadian bisa jadi efisien dan seperti bisnis, ramah dan cerewet, atau mungkin lucu dan tidak sopan, meskipun jelas-jelas harus sesuai dengan jenis produk atau layanan yang Anda jual.

Ini sama sekali tidak perlu berkaitan dengan kepribadian orang-orang yang menjalankan perusahaan; meskipun bisa, jika Anda ingin membuat perusahaan yang digerakkan oleh kepribadian seperti Richard Branson yang merupakan tokoh utama Virgin.

Dan untuk perusahaan yang lebih kecil, budaya dan gaya bisnis sering kali mencerminkan pendiri, sehingga nilai dan kepribadiannya mungkin sama.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana Anda dapat mulai mengontrol elemen kepribadian perusahaan Anda, menyampaikan aspek tertentu kepada pelanggan dengan cara yang berbeda:

Desain grafis: Identitas visual – identitas korporat yang keras atau karikatur yang lembut dan bersahabat Nada suara: Apakah bahasa yang Anda gunakan (lisan dan tulisan) formal atau santai? Dialog: Dapatkah pengguna atau pelanggan Anda menyumbangkan ide dan terlibat dalam organisasi ? Atau apakah itu komunikasi satu arah? Layanan pelanggan: Bagaimana staf dilatih untuk berkomunikasi dengan pelanggan? Tingkat layanan pelanggan apa yang Anda sediakan?
Seiring pertumbuhan perusahaan, kepribadian dan nilai-nilai mereka lebih tercermin dalam budaya dan perilaku internal daripada melalui karakteristik para pendiri. Kepribadian ini kemudian menentukan bagaimana perusahaan mengungkapkan penawaran mereka di pasar.

John Smith: kepribadian
Beberapa tahun yang lalu John Smith’s Bitter membangun mereknya hampir seluruhnya karena kepribadian: dalam hal ini ciri-ciri Yorkshireman yang berbicara langsung ‘bukan omong kosong’. Kalimat dan sentimen ‘tidak masuk akal’ ini dibawa melalui semua komunikasi perusahaan dengan pelanggan. Penggunaan selebriti Peter Kay untuk kampanye baru-baru ini sangat cocok.

Menyatukan semuanya
Menggunakan bahan-bahan utama yang telah kami uraikan di sini – dan menghadirkan konsultan untuk membantu Anda mendefinisikan dan menerapkannya – akan memberi Anda pemahaman yang kuat tentang merek organisasi Anda, serta strategi tentang cara mempresentasikannya kepada orang-orang.

Dimulai dengan ide besar, Anda kemudian dapat menyempurnakan dan menetapkan visi, nilai, dan kepribadian perusahaan Anda. Dan setelah semua ini tersedia, Anda dapat berpikir untuk mempekerjakan desainer untuk mengubah cetak biru merek Anda menjadi komunikasi yang nyata.

Teknik manajemen merek
Setelah ‘janji’ merek Anda yang mencakup ada, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana Anda akan mengkomunikasikannya dan kemudian bagaimana Anda akan mengelola dan mengembangkannya dari waktu ke waktu.

Dalam hal mengomunikasikan merek Anda kepada publik, ada beberapa teknik dan masalah yang perlu dipertimbangkan:

Mendongeng
Teknik yang mapan dalam branding bisnis adalah menceritakan kisahnya melalui elemen komunikasi seperti identitas perusahaan, pengemasan, alat tulis, materi pemasaran, dan sebagainya. Ini bisa menjadi kunci yang sangat rendah, tetapi ini melukiskan gambaran tentang asal-usul perusahaan dan produknya.

Tukang daging Sheffield John Crawshaw, misalnya, memilih sendiri daging yang dijual di tiga tokonya, sementara sebagian besar pesaingnya mengirim daging mereka dalam kemasan vakum dari rumah potong hewan.

Jadi, untuk mengilustrasikan aspek layanannya – atau penawaran merek – logo yang menunjukkan seorang tukang daging membawa bangkai di bahunya dirancang untuk bisnis Crawshaw.

Kredibilitas
Kredibilitas penawaran merek Anda juga harus kokoh. Misalnya, perusahaan drainase Yorkshire bernama Naylor meluncurkan rangkaian pot bunga yang dijamin seumur hidup, tetapi merek Naylor tidak sesuai untuk memasarkan kisaran ini karena dikaitkan terlalu langsung dengan sisi drainase bisnis. Maka perusahaan mendirikan merek baru bernama Yorkshire Flowerpots, dengan nada suara, kepribadian, dan identitas visualnya sendiri sehingga dapat menjual produk dengan kredibilitas yang lebih besar.

Diferensiasi
Sebagian besar branding adalah tentang mendefinisikan dan menyajikan titik diferensiasi di sektor tempat Anda beroperasi. Lakukan dengan benar dan organisasi Anda akan menonjol dibandingkan pesaing Anda.

Perusahaan konstruksi Hilti memberikan contoh diferensiasi dalam suatu sektor. Sementara sebagian besar perusahaan konstruksi lainnya menggunakan gambar teknis bangunan dan produk dalam komunikasi mereka, Hilti menekankan hubungannya dengan orang-orang yang terlibat dalam konstruksi, dengan menunjukkan foto hitam putih pekerja yang menggunakan perkakas Hilti, yang disorot dengan warna merah perusahaan perusahaan.

Berinteraksi dengan pelanggan
Bagian tak terpisahkan dari menciptakan diferensiasi adalah terlibat dengan pelanggan atau pengguna Anda. Jika Anda menonjol dari kerumunan karena alasan positif dan nada suara serta komunikasi Anda kredibel, pelanggan akan melihat apa yang Anda katakan.

Ketika Orange diluncurkan di pasar telepon seluler pada tahun 1994, identitas, bahasa, dan penawarannya sangat berbeda dari para pesaingnya yang sudah mapan. Ini menyajikan visi masa depan yang optimis berdasarkan teknologi, tetapi dari sudut pandang manusia daripada teknis. Logo dan namanya abstrak, sehingga menonjol dibandingkan BT Cellnet, T-Mobile dan Vodafone, dan layanannya diatur ke dalam paket rencana pembicaraan sederhana.

Selama lebih dari satu dekade, pendekatan ini kurang lebih tetap tidak berubah. Misalnya, kampanye Oranye 2008 berkisar pada slogan ‘Saya adalah saya karena semua orang’. Iklan menampilkan serangkaian individu (termasuk pengusaha, seniman, dan penulis terkenal) yang mencantumkan orang-orang yang paling memengaruhi jalan hidup mereka.

Dengan menarik rasa individualisme setiap orang dan berfokus pada nilai interaksi dan komunikasi manusia daripada paket harga yang kompetitif atau teknologi terbaru, Orange dapat memuji manfaat layanan mereka tanpa harus menyebutkan telepon seluler.

Memfokuskan portofolio produk Anda
Jika Anda memiliki sejumlah produk atau layanan yang berbeda, mungkin membantu untuk mempertimbangkan bagaimana Anda dapat merampingkan atau mengaturnya agar penawaran mudah dipahami konsumen. Terkadang, logika struktur internal perusahaan dapat menentukan bagaimana penawaran produk diatur, tetapi ini tidak selalu masuk akal bagi pelanggan eksternal. Jadi pikirkan baik-baik tentang cara terbaik untuk menyajikan apa yang Anda lakukan, bahkan jika itu berarti mengatur segalanya secara berbeda dari organisasi internal Anda.

Rasionalisasi produk atau layanan juga memungkinkan Anda untuk memfokuskan investasi Anda dengan lebih efisien. Setelah bekerja dengan Design Council, produsen produk pembersih rumah tangga Challs mengalihkan fokusnya ke empat produk utama, daripada 92 produk yang sebelumnya dipromosikan.

Berbagai merek dan merek ‘stretch’
Jika perusahaan Anda beroperasi di lebih dari satu sektor, Anda harus mempertimbangkan bagaimana Anda mempresentasikan bisnis di setiap area. Salah satu pendekatan, seperti yang diilustrasikan oleh Virgin, EasyGroup dan Tesco, adalah memiliki identitas merek tunggal yang diterapkan pada sub-merek untuk area tempat Anda beroperasi. Jadi kami memiliki Virgin Money dan Virgin Atlantic, Easy Pizza dan Easy Cruise, Tesco Entertainment dan Tesco Finance dan sebagainya.

Seberapa jauh Anda dapat ‘memperluas’ merek utama Anda dengan cara ini bergantung pada ide inti, nilai, dan asosiasi yang Anda miliki untuk memulai. Dalam beberapa kasus, mungkin sebenarnya lebih efektif untuk mengembangkan merek yang sama sekali berbeda untuk sektor berbeda yang Anda inginkan untuk mengoperasikannya, daripada memperluas merek Anda yang ada untuk memenuhi pasar baru. Seperti disebutkan di atas, untuk bisnis pot bunga Naylor, lebih masuk akal untuk mendirikan merek khusus bernama Yorkshire Flowerpots daripada mengaitkannya dengan bisnis drainase Naylor yang ada.

Ada beberapa kegagalan penting dan terkenal dalam hal peregangan merek. Cuka pembersih alami yang diluncurkan oleh Heinz dibom sebagai produk karena orang mengasosiasikan Heinz dengan makanan, bukan pembersih. Harley Davidson (over-) memperluas jangkauannya untuk memasukkan parfum. Ini gagal karena dianggap bertentangan dengan nilai-nilai maskulinitas dan kekuatan merek Harley Davidson.

Merek yang didukung
Kemungkinan yang sedikit lebih canggih adalah menyiapkan merek yang ‘didukung’. Di sinilah Anda membuat merek baru dengan sendirinya, tetapi mengizinkan merek ‘induk’ dari perusahaan utama Anda untuk ditampilkan sebagai dukungan untuk merek baru tersebut. Playstation, misalnya, adalah merek yang kuat dengan sendirinya, tetapi selalu didukung sebagai Sony Playstation, yang memanfaatkan reputasi Sony Corporation.

Menyegarkan kembali merek Anda
Di sektor apa pun pekerjaan Anda, menjaga komunikasi tetap segar sangatlah penting. Menggunakan desainer untuk membantu menilai kembali desain, bahasa, atau identitas Anda setiap beberapa tahun harus dilihat sebagai investasi berkelanjutan di perusahaan Anda daripada biaya tambahan yang mahal.

Semua perusahaan sukses meninjau kembali komunikasi mereka secara berkala, bahkan merek paling terkenal di dunia. Namun menghidupkan kembali merek Anda tidak selalu berarti Anda harus memulai dari awal, mempertimbangkan kembali ide atau visi besar Anda, dan seterusnya.

Ambil Coca-Cola sebagai contoh. Mereka terus meninjau semua aspek merek mereka dan menyegarkannya. Pada tahun 2007 mereka menugaskan agen desain Turner Duckworth untuk memproduksi berbagai desain kemasan baru yang akan menghidupkan kembali landasan identitas visual Coke; logo klasik, kontur botol dan penggunaan warna merah dan putih. Pada tahun 2009 mereka meluncurkan garis tali baru ‘Open Happiness’ dan pada tahun 2013 mereka membuat label yang dipersonalisasi untuk botol mereka.

Jika Anda senang dengan ide besar, visi, dan kepribadian perusahaan Anda, hal-hal ini dapat tetap menjadi dasar dari apa yang Anda lakukan – tetapi penerapan merek Anda harus diperbarui untuk menjaga semuanya tetap pada jalurnya dan memastikannya tetap relevan dengan target Anda. hadirin.

Penamaan
Nama merek merupakan aspek penting dalam menetapkan nada dan kepribadian merek Anda, serta menjadi elemen kunci dalam aktivitas pemasaran. Bersama dengan desain dan nada suara, nama dapat menjadi alat pembeda dan harus mencerminkan keseluruhan strategi merek yang telah Anda kembangkan.

Memilih nama sendiri bisa menjadi tugas yang sulit, tetapi menjadi lebih sulit karena begitu banyak nama yang sudah digunakan dan memiliki merek dagang. Pastikan untuk memeriksa dengan cermat bahwa nama apa pun yang Anda pertimbangkan untuk perusahaan, produk, atau layanan belum digunakan dan dilindungi oleh hukum.

Secara keseluruhan, sebuah nama termasuk dalam salah satu dari beberapa jenis, yang dapat disusun menurut spektrum atribut.

Atribut tersebut adalah:

Deskriptif
Nama yang menjelaskan apa yang dilakukan perusahaan / merek. Sebagai contoh:

Easyjet – membuat terbang mudahToys ‘R’ Us – semuanya tentang toysAA (Automobile Association) – ditujukan untuk pengendara
Menggugah
Nama yang mengisyaratkan keterkaitan dengan merek tetapi tidak mencoba mendeskripsikan penawaran dengan tepat. Sebagai contoh:

First Direct – bank pertama yang menawarkan layanan telepon instan bankingInnocent – kemurnian alami dari jus buah
Abstrak
Nama yang melanggar aturan sektor dan menonjol. Mereka tidak membuat referensi yang jelas tentang sifat bisnis. Sebagai contoh:

Google – unik, mudah diakses, positif dan menunjukkan rasa ingin tahu
Konsistensi
Dalam branding dan manajemen merek, banyak hal yang dipentingkan untuk mencapai konsistensi, sehingga atribut dan karakteristik yang sama terlihat jelas di semua area operasi bisnis. Pada dasarnya, ‘ide besar’ menyentuh dan menginformasikan semua yang Anda lakukan.

Beberapa merek kontemporer kurang ‘diawasi’ dengan cara ini. Ada kecenderungan untuk mendorong pelanggan membuat konten atau interpretasi mereka sendiri dalam kerangka elemen atau templat bermerek. Logo Olimpiade London 2012, misalnya, dirancang oleh Wolff Ollins dengan mempertimbangkan jenis adaptasi yang dibuat pengguna ini.

Evolusi atau revolusi
Sebuah pertanyaan penting saat melakukan penilaian ulang apa pun terhadap merek Anda adalah apakah akan melakukan perubahan kecil dan bertahap sebagai penyegar, atau melakukan perombakan besar-besaran pada citra perusahaan atau produk Anda.

Secara umum, evolusi lebih disukai jika Anda sudah berada dalam posisi yang kuat dengan basis pelanggan yang solid dan Anda hanya perlu mengikuti pasar yang tumbuh atau berkembang. Revolusi, di sisi lain, mungkin lebih tepat jika basis pelanggan Anda menurun, pasar telah berubah secara substansial sejak dimulainya merek Anda saat ini atau Anda tidak memiliki perbedaan dari pesaing Anda.

Untuk mengatasi jenis pertanyaan ini, sebaiknya pertimbangkan untuk menyewa seorang desainer untuk melihat status organisasi Anda saat ini dan mengeksplorasi kemungkinan untuk mengembangkannya.

BP: evolusi, lalu revolusi
Identitas perusahaan BP yang dirancang pada awal 1920-an telah digunakan selama lebih dari 80 tahun, dengan versi yang diperbarui muncul secara berkala untuk menjaga agar logo tetap terlihat kontemporer. Namun, pada tahun 2000 ada jeda dari masa lalu ketika identitas korporat sepenuhnya didesain ulang untuk menciptakan identitas ‘bunga matahari’ atau Helios yang saat ini disematkan. Perubahan ini merupakan cerminan dari perubahan pendekatan perusahaan terhadap masalah lingkungan.

Penekanan BP pada pengembangan sumber energi terbarukan dikemas dalam tagline ‘Beyond Petroleum’, bersama dengan pesan aspiratif serupa lainnya, bertema lingkungan, seperti ‘gambaran yang lebih besar’ dan ‘produk yang lebih baik’.

Apple: revolusi, lalu evolusi
Logo Apple Computer asli adalah gambar bergambar yang rumit tentang Isaac Newton yang duduk di bawah pohon. Kepala eksekutif perusahaan Steve Jobs mengira logo yang terlalu detail ada hubungannya dengan lambatnya penjualan komputer Apple I, jadi dia memutuskan untuk mengubah identitas sepenuhnya – sebuah revolusi desain visual perusahaan – dan menugaskan logo bergaris pelangi, yang mana kemudian berlari selama 22 tahun. Revolusi dalam pencitraan merek diperlukan untuk memulai permintaan akan produk perusahaan. Namun pada tahun 1998, Apple telah mapan sebagai produsen komputer yang sukses dan identitas pelangi mengalami evolusi menjadi logo monokrom yang lebih sederhana dan kontemporer.

Durex: evolusi
Produsen kondom Durex memutuskan untuk memperluas daya tariknya dengan memposisikan perusahaan sebagai perusahaan yang peduli dengan kesejahteraan seksual, bukan hanya kondom. Ini adalah evolusi dari merek Durex yang ada yang beradaptasi dengan pasar yang terus berubah dan menjaga identitas dan asosiasi perusahaan tetap segar.

Lucozade: revolusi
Mengusung slogan ‘Lucozade aids recovery’, produk ini awalnya diproduksi oleh ahli kimia Newcastle sebagai sumber energi untuk orang yang tidak sehat. Tetapi pangsa pasarnya menurun pada 1980-an, sehingga perusahaan memilih revolusi merek, menargetkan basis pelanggan yang sama sekali baru. Kualitas pemberi energinya dipromosikan ke pasar kinerja olahraga dan kampanye iklan yang menampilkan atlet Daley Thompson menggunakan slogan baru ‘Lucozade menggantikan energi yang hilang’. Kemasan produk sepenuhnya didesain ulang dan penjualan meningkat tiga kali lipat antara tahun 1984 dan 1989.

Branding untuk berbagai sektor
Pada bagian ini kami mengeksplorasi persamaan dan perbedaan antara branding di sektor pasar yang berbeda.

Bisnis baru
Jika Anda meluncurkan bisnis baru, Anda berada dalam posisi unik untuk beroperasi seperti yang sering disebut ‘merek penantang’. Ini berarti Anda dapat melihat sektor pasar dari luar, menilai semua pemain, peluang atau celah di pasar dan kemudian meluncurkan produk Anda dengan merek yang menantang dan mengguncang konvensi sektor tersebut. Sulit untuk melakukan ini setelah Anda yakin karena ada lebih banyak kerugian, jadi pikirkan baik-baik tentang seberapa berani dan ‘melanggar aturan’ produk atau layanan Anda jika Anda akan meluncurkannya ke pasar.

Manfaat lain yang mungkin Anda miliki sebagai pemula adalah bahwa bisnisnya cenderung kecil dan oleh karena itu responsif dan mudah beradaptasi, tanpa proses yang ada yang harus diubah untuk menciptakan merek baru. Singkatnya: Anda punya satu kesempatan untuk melakukan sesuatu yang menarik, relatif murah, jadi lakukanlah.

Gü: merek start-up
Gü diluncurkan ke pasar makanan penutup dingin sebagai produk premium yang namanya (kata yang diciptakan) secara bersamaan mengisyaratkan asal Eropa dan membangkitkan pemikiran cokelat lengket atau treacle.

Nama dan grafis kemasan hitam dan putih semuanya melanggar ‘aturan’ desain dan branding di sektor makanan penutup dan akibatnya produk tersebut sangat menonjol di supermarket.

Merek ini kemudian diperpanjang dengan peluncuran Frü, rangkaian makanan penutup buah.

Sektor publik
Meskipun semua pencitraan merek adalah tentang mengkomunikasikan penawaran yang jelas kepada pelanggan atau pengguna Anda, pencitraan merek di sektor publik tidak selalu berkaitan dengan keunggulan pasar maksimum, seperti yang biasanya terjadi di sektor komersial / swasta. Untuk organisasi sektor publik, seperti kepolisian dan layanan kesehatan, fokusnya mungkin pada kejelasan dan akses ke informasi penting. Jadi pencitraan merek dan desain dapat berfokus pada penandatanganan informasi ini atau mengkomunikasikan masalah dengan jelas untuk mengubah perilaku orang – kampanye berhenti merokok dari Departemen Kesehatan, misalnya.

Kejelasan terkadang dapat merusak sifat kompleks dari layanan sektor publik, yang sering dijalankan oleh jaringan organisasi atau mitra pemangku kepentingan. Dalam istilah pencitraan merek, menempatkan logo semua mitra tersebut pada ‘komunikasi yang berhadapan dengan pelanggan dapat menyebabkan kekacauan visual, kurangnya kejelasan, dan kebingungan. Oleh karena itu, penting untuk memperjelas kapan merek atau kampanye bermerek dibutuhkan dan untuk memastikan bahwa identitasnya berbeda dan jelas bagi pengguna.

GOV.UK: sektor publik
Pada tahun 2012, GOV.UK keluar dari mode Beta untuk menggantikan dua merek digital pemerintah utama Directgov dan Business Link. Peluncuran situs ini merupakan puncak dari proses tinjauan besar-besaran yang dilakukan oleh Layanan Digital Pemerintah yang baru dibentuk. Sebelum dirilis, kehadiran digital pemerintah telah tersebar di berbagai situs yang membingungkan dan kebutuhan internal dan keamanan menjadi prioritas di atas kebutuhan pengguna. Dengan membuat satu merek untuk menyampaikan informasi pemerintah secara online, kebingungan tersebut berkurang. Situs itu sendiri dikembangkan berdasarkan kebutuhan pengguna dari sejumlah besar orang yang perlu menggunakan situs tersebut. Merek itu sendiri berkembang langsung dari situ. Sederhana, jelas, dan cepat digunakan, fokus pada keterbukaan dan transparansi mendefinisikan estetika dan yang terpenting, nada suara.

Perusahaan jasa
Sementara sebagian besar perusahaan dan organisasi menyediakan layanan dari satu jenis atau lainnya, untuk beberapa bisnis layanan pelanggan adalah bagian dominan dari penawaran tersebut. Untuk perusahaan-perusahaan ini, perhatian khusus perlu diberikan pada bagaimana merek (gagasan besar dan semua komponennya) tercermin dalam cara layanan diberikan dan cara staf berinteraksi dengan pelanggan.

Intinya, merek layanan dibangun di atas orang yang mengirimkannya. Ini berarti bahwa staf perlu dilatih untuk mendapatkan pemahaman tentang budaya perusahaan, ‘janji’-nya kepada pelanggan, dan bagaimana mereka akan dipraktikkan setiap hari. Dalam skenario ini, departemen sumber daya manusia terkait erat dengan manajemen merek.

Langsung Pertama: layanan
First Direct adalah perusahaan pertama yang menghadirkan layanan perbankan 24 jam ke pasar dan tingkat layanannya merupakan pesan utama dalam mempromosikan bank kepada calon pelanggan.

Untuk memastikan penyampaian layanan berkualitas tinggi, First Direct merekrut orang-orang dengan keterampilan layanan pelanggan daripada mereka yang sudah berkecimpung di industri perbankan. Ini memastikan bahwa penyampaian layanan perusahaan sesuai dengan ‘janji’ merek.

Bisnis ke bisnis
Banyak merek yang dibahas dalam panduan ini adalah merek yang berhadapan dengan konsumen, tetapi banyak bisnis yang memasarkan produk dan layanan mereka langsung ke bisnis lain, bukan ke publik. Tetapi prinsip branding yang efektif berlaku dengan cara yang sama di sektor B2B seperti di tempat lain. Seperti dalam produk konsumen, perusahaan B2B perlu menggunakan branding untuk membedakan, menonjol, dan menciptakan kepribadian yang berbeda, bahkan jika kepribadian tersebut lebih bersifat korporat dan seperti bisnis dalam nadanya.

Mekanik: branding B2B
Mekanik merancang dan memproduksi peralatan penanganan mekanis untuk industri kereta api, tetapi pada tahun 2005 citranya mulai terlihat kuno. Pada saat yang sama perusahaan dihadapkan pada pasar Inggris yang statis dan persaingan yang meningkat dari luar negeri, sehingga diperlukan komunikasi yang lebih kuat untuk menciptakan dampak dengan calon pelanggan bisnis.

Bekerja dengan seorang desainer, perusahaan meneliti apa arti sebenarnya dari merek tersebut (ide besar) dan kemudian konsultan branding menciptakan identitas visual yang kuat, bersih dan sederhana dan bekerja di semua komunikasi perusahaan, termasuk produk, situs web, stan perdagangan dan literatur.

Desain dan branding
Merek organisasi adalah serangkaian asosiasi yang dibuat orang ketika mereka memikirkan atau menemukan bisnis tersebut.

Kesalahpahaman yang umum – dan salah satu yang selalu susah payah diperbaiki oleh desainer – adalah bahwa merek hanyalah sebuah logo atau identitas. Logo hanyalah salah satu perwujudan dari sebuah merek, meskipun sering kali merupakan komunikasi tingkat atas, yang paling sering dilihat oleh sebagian besar orang. Oleh karena itu, iklan harus mewujudkan bahan utama merek dalam merek yang khas dan dapat dikenali.

Ambil contoh ‘swoosh’ Nike. Didesain pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswa desain grafis di Portland State University, swoosh adalah logo sederhana namun efektif yang menyampaikan energi dan gerakan, sesuai untuk perusahaan yang membuat pakaian olahraga performa.

Jadi, meski membangun merek dan branding adalah aktivitas yang kompleks dan strategis, hampir selalu ada komponen desain kreatif yang penting juga.

Desain inilah yang menerjemahkan ide menjadi komunikasi. Dan banyak desainer akan bekerja melalui strategi dan implementasi untuk memastikan bahwa hasilnya konsisten, dapat disesuaikan, dan sesuai dengan atribut merek asli Anda.

Bahan desain utama
Ada berbagai elemen desain yang dapat digunakan untuk menyampaikan proposisi merek. Berikut ini beberapa di antaranya, dengan contoh di setiap kasus:

Warna – Oranye
Bentuk – Bebek Toilet
Nama – LOVEFiLM
Sentuhan / bahan – iPhone
Suara – Intel
Ilustrasi – Lloyds TSB
Tipografi – BBC
Lingkungan – Gudang Guinness

Setelah mengerjakan proyek branding dengan desainer, Anda akan mendapatkan sesuatu yang disebut pedoman merek. Ini adalah dokumen yang merinci dengan tepat bagaimana elemen desain yang berbeda (biasanya visual) harus diterapkan dalam situasi yang berbeda. Ini akan memberikan informasi tentang hal-hal seperti tipografi, grafik, warna, bahan, templat, dan fotografi yang digunakan dalam manifestasi visual merek, memberikan petunjuk tentang cara menerapkannya dalam konteks yang berbeda, pada skala yang berbeda, dan sebagainya. Panduan merek yang lebih rinci dapat mencakup hal-hal seperti arah budaya atau perilaku untuk pelatihan staf.

Organisasi dapat menggunakan pedoman merek ini untuk mengelola merek setelah pekerjaan desainer pada proyek selesai tanpa kehilangan konsistensi asli dan kejelasan desain dan, yang terpenting, dengan mengabaikan ide besar asli Anda.

(Disadur dari pelbagai sumber)

sablon gelas plastik kediri
sablon gelas plastik surabaya
sablon gelas plastik jombang
sablon gelas plastik tulungagung
sablon gelas plastik trenggalek
sablon gelas plastik nganjuk
sablon gelas plastik mojokerto
sablon gelas plastik blitar
sablon gelas plastik madiun
sablon gelas plastik ponorogo

Branding: apa itu, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membantu meningkatkan bisnis Anda atau persepsi layanan Anda | Rifana Sablon Gelas Plastik

Tags: Branding, branding activities support adalah, branding adalah, branding agency, branding agency adalah, branding agency surabaya, branding artinya, branding awareness, branding awareness adalah, branding bahasa indonesia, branding bahasa indonesianya, branding baju, branding berasal dari kata brand yang artinya, branding bisnis, branding bisnis adalah, branding book, branding bus, branding cafe, branding car, branding city, branding coca cola, branding company, branding company adalah, branding consultant, branding consultant adalah, branding dalam periklanan, branding dan exposure bertujuan untuk, branding dan marketing, branding dapat diartikan sebagai, branding desa, branding design, branding diri adalah, branding diri sendiri, branding effect summoners war, branding eiger, branding elements, branding emosional marc gobe, branding enthusiast, branding equity, branding erigo, branding event, branding mobil, Branding Produk, branding produk adalah, branding sekolah, branding strategy

Artikel Rifana

Merancang dan Membuat Label Produk Anda

Ditulis pada: 17 June 2021

Istilah “label produk” mengacu pada informasi, dalam teks atau grafik, atau keduanya, yang dicetak pada kemasan eksternal produk Anda, pada selembar kertas perekat atau plastik yang ditempelkan pada produk Anda, atau pencetakan dilakukan pada wadah produk itu sendiri. Tujuan utama... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Label Produk yang Menarik Perhatian dan Menjual Produk Anda

Ditulis pada: 16 June 2021

Menurut survei yang dilakukan pada pengemasan dan pelabelan produk: 59% konsumen mengatakan bahwa mereka selalu membaca label produk sebelum membeli produk untuk pertama kalinya 60% konsumen cenderung membeli produk yang labelnya berisi informasi yang tidak mencukupi 90% konsumen lebih cenderung... Baca selengkapnya »

Bagaimana Mendesain Label Produk yang Meningkatkan Identitas Merek Anda

Ditulis pada: 15 June 2021

Tidak mengherankan jika produk Anda sangat penting. Namun, cara pengirimannya ke pasar menjadi semakin relevan bagi konsumen. Bahkan bisnis kecil pun bisa mendapatkan keuntungan dari ekspresi identitas merek yang unik dan mudah diingat. Salah satu cara untuk menyegarkan tampilan penawaran... Baca selengkapnya »

Cara Membaca Label Makanan Tanpa Tertipu

Ditulis pada: 13 June 2021

Konsumen lebih sadar kesehatan daripada sebelumnya, jadi beberapa produsen makanan menggunakan trik yang menyesatkan untuk meyakinkan orang agar membeli produk yang diproses dan tidak sehat. Peraturan pelabelan makanan itu rumit, sehingga konsumen lebih sulit memahaminya. Artikel ini menjelaskan cara membaca... Baca selengkapnya »