Butuh Bantuan? Customer Service Rifana Kediri 089635377444 siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Apa Itu Branding?

Apa Itu Branding?

Ditulis pada: 8 June 2021 | Kategori:

Tidak yakin dengan arti “branding”? Jangan khawatir! Branding adalah salah satu konsep pemasaran yang agak kabur dan dapat dengan cepat menjadi membingungkan, bahkan bagi orang yang telah mempelajari pemasaran.

Hari ini kita akan melihat “apa itu branding” dan mencoba memberikan jawaban yang jelas dengan kata-kata dan contoh sederhana!

Untuk memahami konsep branding, pertama-tama kita perlu mengetahui apa itu produk dan merek. Ayo pergi!

Definisi produk
“Secara umum, produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan, termasuk barang fisik, layanan, pengalaman, peristiwa, orang, tempat, properti, organisasi, informasi, dan ide” (Kotler & Keller, 2015 ).

Ini berarti bahwa produk dapat berupa apa saja mulai dari penginapan hotel, penerbangan, kursus bahasa, hingga pakaian, makanan, sikat gigi, dll.

Untuk mengilustrasikan definisi suatu produk dan perannya dalam mendefinisikan branding, kita akan menggunakan contoh air:

Air adalah sumber daya gratis yang dibutuhkan setiap manusia untuk hidup dan bertahan hidup. Namun itu menjadi produk saat manusia dan perusahaan mulai mengkomersialkannya, misalnya dengan menjual air mineral dalam gelas dan botol plastik.

apa itu contoh pencitraan merek air
apa itu branding botol air
Tapi air selalu terlihat sama, bukan? Ini cair dan transparan. Jadi, bagaimana perusahaan yang berbeda dapat menjual produk yang sama tetapi tetap meyakinkan orang untuk membeli air kemasan daripada yang dari pesaing?

Jawabannya adalah: dengan membuat merek.

Definisi merek
“Merek adalah nama, istilah, desain, simbol, atau fitur lainnya yang mengidentifikasi barang atau jasa satu penjual sebagai hal yang berbeda dari penjual lainnya” (American Marketing Association).

Anda dapat menganggap merek sebagai ide atau citra yang ada dalam pikiran orang ketika memikirkan produk, layanan, dan aktivitas tertentu dari suatu perusahaan, baik secara praktis (misalnya “sepatu itu ringan”) dan cara emosional (misalnya ” sepatu membuatku merasa kuat ”). Oleh karena itu, bukan hanya fitur fisik yang menciptakan merek tetapi juga perasaan yang dikembangkan konsumen terhadap perusahaan atau produknya. Kombinasi isyarat fisik dan emosional ini dipicu saat dihadapkan pada nama, logo, identitas visual, atau bahkan pesan yang dikomunikasikan.

 

Sebuah produk dapat dengan mudah ditiru oleh pemain lain di suatu pasar, tetapi sebuah merek akan selalu unik. Misalnya, rasa Pepsi dan Coca-Cola sangat mirip, namun untuk beberapa alasan, beberapa orang merasa lebih terhubung dengan Coca-Cola, yang lain dengan Pepsi.

Mari kita ilustrasikan ini lagi dengan contoh air kita. Produk yang dijual adalah air, tetapi untuk meyakinkan orang agar membeli air tertentu, perusahaan mengembangkan merek air yang berbeda, seperti Evian, Perrier, Fiji atau Volvic. Dan masing-masing merek ini memberikan arti yang berbeda pada produk air:
– Evian membuatmu merasa muda
– Perrier menyegarkan, mendidih, dan seksi
– Air Fiji murni, sehat dan alami
…dan seterusnya.

air-merek-apa-merek-itu
Pada akhirnya, merek adalah firasat seseorang tentang produk atau perusahaan tertentu. Setiap orang membuat versinya sendiri, dan beberapa merek meningkatkan atau menurunkan popularitas karena bagaimana perasaan konsumen tentang mereka.

Definisi branding
Apa itu?

“Branding adalah memberikan produk dan layanan dengan kekuatan merek” (Kotler & Keller, 2015)

Branding adalah proses memberi makna pada organisasi, perusahaan, produk, atau layanan tertentu dengan menciptakan dan membentuk merek di benak konsumen. Ini adalah strategi yang dirancang oleh organisasi untuk membantu orang-orang dengan cepat mengidentifikasi dan merasakan merek mereka, dan memberi mereka alasan untuk memilih produk mereka daripada pesaing, dengan mengklarifikasi merek khusus ini dan apa yang tidak.

Tujuannya adalah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan setia dan pemangku kepentingan lainnya dengan menghadirkan produk yang selalu selaras dengan apa yang dijanjikan merek.

 

Siapa yang terpengaruh?

Konsumen: Seperti dibahas di atas, merek menyediakan jalan pintas pengambilan keputusan kepada konsumen ketika merasa ragu-ragu tentang produk yang sama dari perusahaan yang berbeda.
Karyawan / pemegang saham / pihak ketiga: Selain membantu konsumen membedakan produk yang serupa, strategi pencitraan merek yang sukses juga menambah reputasi perusahaan. Aset ini dapat memengaruhi berbagai orang, mulai dari konsumen hingga karyawan, investor, pemegang saham, penyedia, dan distributor. Misalnya, jika Anda tidak suka atau tidak merasa terhubung dengan suatu merek, Anda mungkin tidak ingin bekerja untuk itu. Namun, jika Anda merasa merek tersebut memahami Anda dan menawarkan produk yang menginspirasi Anda, Anda mungkin ingin bekerja untuk itu dan menjadi bagian dari dunianya.
Bagaimana caranya?

Perusahaan cenderung menggunakan alat yang berbeda untuk membuat dan membentuk merek. Misalnya, branding dapat dicapai melalui:

Definisi merek: tujuan, nilai, janji
Pernyataan pemosisian merek
Identitas merek: nama, nada suara, desain identitas visual (yang meliputi desain logo, palet warna, tipografi…)
Periklanan dan komunikasi: TV, radio, majalah, iklan luar ruang, situs web, aplikasi seluler…
Mensponsori dan kemitraan
Desain produk dan kemasan
Pengalaman di dalam toko
Pengalaman ruang kerja dan gaya manajemen
Pelayanan pelanggan
Strategi penetapan harga
Dalam contoh air pencitraan merek kami, desain kemasan dan iklan mungkin adalah alat paling ampuh yang digunakan oleh pemasar:

Desain kemasan adalah penjual tanpa suara yang akan menarik perhatian konsumen yang sibuk di dalam toko. Ini memberi tahu konsumen tentang properti produk dan secara visual membedakan merek dari persaingan di rak.

Contoh yang menarik adalah Fiji Water, yang berhasil membuat desain botol yang secara sempurna mencerminkan nilai merek: kemurnian tercermin melalui efek transparansi, dan alam terlihat melalui gambar bunga dan daun tropis di latar belakang.

Namun, sebaiknya merek mempertimbangkan kemasan kaca daripada plastik. Ini akan lebih selaras dengan citra alami yang mereka gambarkan dan lebih baik untuk planet ini. Pengemasan bukan hanya tentang desain. Bahan yang dipilih juga dapat berdampak pada merek.

Kesimpulan
Dengan kata yang sangat sederhana, produk adalah apa yang Anda jual, merek adalah citra produk yang Anda jual, dan branding adalah strategi untuk menciptakan citra tersebut.

Saya harap artikel ini membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang arti branding. Jika Anda memiliki komentar atau saran untuk menyempurnakan artikel, jangan ragu untuk membagikan pemikiran Anda di komentar di bawah!

Sumber: Kotler & Keller: Manajemen Pemasaran (2015), American Marketing Association (AMA)

(Disadur dari pelbagai sumber)

sablon gelas plastik kediri
sablon gelas plastik surabaya
sablon gelas plastik jombang
sablon gelas plastik tulungagung
sablon gelas plastik trenggalek
sablon gelas plastik nganjuk
sablon gelas plastik mojokerto
sablon gelas plastik blitar
sablon gelas plastik madiun
sablon gelas plastik ponorogo

Apa Itu Branding? | Rifana Sablon Gelas Plastik

Tags: apa itu brand activation, apa itu brand ambassador, apa itu brand ambassador esport, apa itu brand architecture, apa itu brand association, apa itu brand awareness, apa itu brand awareness dan berikan contohnya, Apa Itu Branding, apa itu branding agency, apa itu branding blunder, apa itu branding blunders, apa itu branding book, apa itu branding dalam marketing, apa itu branding dan contohnya, apa itu branding dan marketing, apa itu branding design, apa itu branding diri, apa itu branding guidelines, apa itu branding image, apa itu branding image dalam komunikasi politik, apa itu branding pilar, apa itu branding sekolah, apa itu branding strategy, apa itu branding usaha, apa itu co branding, apa itu digital branding, apa itu employer branding, apa itu ingredient branding, apa itu internal branding, apa itu islamic branding, apa itu jasa branding, apa itu jurusan branding, apa itu personal branding mengapa ini penting, sebutkan dan jelaskan apa itu branding

Artikel Rifana

Merancang dan Membuat Label Produk Anda

Ditulis pada: 17 June 2021

Istilah “label produk” mengacu pada informasi, dalam teks atau grafik, atau keduanya, yang dicetak pada kemasan eksternal produk Anda, pada selembar kertas perekat atau plastik yang ditempelkan pada produk Anda, atau pencetakan dilakukan pada wadah produk itu sendiri. Tujuan utama... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Label Produk yang Menarik Perhatian dan Menjual Produk Anda

Ditulis pada: 16 June 2021

Menurut survei yang dilakukan pada pengemasan dan pelabelan produk: 59% konsumen mengatakan bahwa mereka selalu membaca label produk sebelum membeli produk untuk pertama kalinya 60% konsumen cenderung membeli produk yang labelnya berisi informasi yang tidak mencukupi 90% konsumen lebih cenderung... Baca selengkapnya »

Bagaimana Mendesain Label Produk yang Meningkatkan Identitas Merek Anda

Ditulis pada: 15 June 2021

Tidak mengherankan jika produk Anda sangat penting. Namun, cara pengirimannya ke pasar menjadi semakin relevan bagi konsumen. Bahkan bisnis kecil pun bisa mendapatkan keuntungan dari ekspresi identitas merek yang unik dan mudah diingat. Salah satu cara untuk menyegarkan tampilan penawaran... Baca selengkapnya »

Cara Membaca Label Makanan Tanpa Tertipu

Ditulis pada: 13 June 2021

Konsumen lebih sadar kesehatan daripada sebelumnya, jadi beberapa produsen makanan menggunakan trik yang menyesatkan untuk meyakinkan orang agar membeli produk yang diproses dan tidak sehat. Peraturan pelabelan makanan itu rumit, sehingga konsumen lebih sulit memahaminya. Artikel ini menjelaskan cara membaca... Baca selengkapnya »